Jadwal La Liga Padat, Rotasi Pemain Jadi Kunci Sukses

http://glaciereelectrique.info/wp-content/uploads/2020/06/zidane_c88aef4.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Mantan pemain BarcelonaLuis Garcia mengomentari kembali digelarnya La Liga. Garcia menyebut bahwa dengan jadwal yang padat, klub-klub kontestan La Liga harus cermat dalam melakukan rotasi pemain.

Seperti yang sudah diketahui, selama tiga bulan terakhir, La Liga dibekukan sementara karena pandemi virus corona. Namun kasta tertinggi sepakbola Spanyol itu akan digulirkan kembali mulai dini hari nanti.

Namun klub-klub La Liga akan melakoni jadwal yang cukup padat. Mereka harus menyelesaikan 11 pekan pertandingan hingga tanggal 19 Juli mendatang, di mana setiap pekan sebuah klub bisa bermain sebanyak dua atau tiga kali.

Garcia mengakui bahwa jadwal sisa La Liga ini akan sangat berat bagi pemain. “Ya, memang segalanya akan menjadi lebih sulit dengan jadwal seperti ini,” ujar Garcia dalam akun Berita Bola Online.

Garcia menyebut bahwa para pemain akan mengalami beban fisik yang besar karena harus bermain 2-3 kali dalam satu pekan. Untuk itu ia menilai para pelatih harus cermat melakukan rotasi pemain, terutama setelah La Liga mengijinkan lima pergantian pemain di sisa musim ini.

“Situasinya sangat sulit karena ada waktu sekitar satu setengah bulan untuk menyelesaikan Liga, sehingga ada banyak pertandingan yang harus dimainkan dalam waktu yang berdekatan. Jadi untuk menghadapi situasi ini, pelatih harus pintar melakukan rotasi pemain.

“Ia harus sering merotasi timnya, sehingga semua pemain di tim mereka bisa terlibat. Saya juga yakin para pemain akan mendapatkan protokol mengenai waktu istirahat mereka dalam satu pekan. ”

Garcia juga menilai bahwa jadwal padat ini akan membuat pemain rentan cedera. Untuk itu ia berharap pelatih setiap kontestan La Liga bisa mempersiapkan tim mereka dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA : PR Besar Solskjaer: Kembalikan MU ke Liga Champions

“Seperti yang saya bilang, dengan situasi seperti ini akan rentan sekali cedera. Saya pribadi tidak berharap para pemain mengalami cedera, atau cedera yang parah. Namun seperti baru-baru ini, Nacho di Real Madrid yang mengalami cedera ringan sehingga ia harus absen selama tiga pekan.”

“Cedera-cedera ringan seperti ini akan sering terjadi hingga beberapa pekan ke depan hingga para pemain menemukan ritme bermain. Namun seperti yang saya katakan, semoga tidak banyak yang mengalami cedera atau tidak ada yang mengalami cedera parah.” ia menandaskan.

Gelaran La Liga akan dimulai digulirkan pada dini hari nanti.

Laga Sevilla vs Real Betis akan menjadi pembuka Jornada ke-28 La Liga.